Bagaimana Cara Membatalkan Dan Refund Tiket Kereta Api Indonesia: Sangat Mudah Ikuti Prosedur Ini

Saat tiket Kereta Api Indonesia sudah di tangan terjadi perubahan mendadak dan anda harus melakukan pembatalan atau mengubah jadwal keberangkatan bahkan akan melakukan refund ke pihak terkait. Banyak sekali pencarian dari traveler ingin mengetahui lebih rinci dan lengkap cara-pembatalan-tiket-kereta-api bahkan melakukan refund-tiket-kereta ini menjadi pembicaraan penting di antara komunitas. Mungkin anda pernah merasakan saat tiket sudah anda beli tetapi terjadi cancel perjalanan butuh info untuk melakukannya agar uang yang sudah disetorkan pembelian tiket tidak hilang begitu saja. Plesirankotatua ingin sharing informasi bagaiman cara pembatalan tiket kereta api dan mengubah jadwal waktu sangat mudah sekali ikuti prosedur mudah ini dengan lengkap agar uang yang telah keluar bisa kembali lagi, berikut penjelasannya.

Poto oleh: panduaji.ne

BATAL atau CANCLE TIKET | REFUND TIKET 
Mekanisme atau prosedur yang telah ditetapkan oleh PT KAI Persero untuk proses pembatalan tiket adalah anda dapat mendapatkan uang kembali sejumlah 75% dari harga tiket yang anda beli. Pembatalan tiket ini tidak lebih dari 30 menit sebelum anda berangkat yang tertera di tiket yang telah anda beli. Tentu yang mengajukannya adalah pemilik tiket sendiri tidak boleh diwakilkan karena untuk antisipasi calo atau catut karcis. Tiket yang di refund untuk perjalanan kereta menengah dan jauh tidak berlaku untuk Commuter Line.

Tetapi jika anda berhalangan hadir dan harus mewakili kepada saudara atau teman anda pastikan harus sertakan surat kuasa dengan materai secukupnya agar proses refund tiket bisa didapatkan.

Proses ini harus melengkapi dengan kartu identitas yang masih berlaku untuk pemilik tiket dan untuk penerima surt kuasa juga harus melengkapi saat berkas diserahkan kepada petugas loket.

FORMULA PEMBATALAN atau CANCLE TIKET | REFUND TIKET KERETA API INDONESIA.
Untuk formula yang sudah menjadi syarat adalah adanya biaya yang harus dibebankan kepada pemilik tiket sebanyak 25% dari harga tiket diluar dari biaya lainnya. Apabila anda membeli tiket pada saat transaksi pembelian dilakukan oleh satu orang dan mendapatkan tiket lebih dari satu makan surat kuasa, fotocopi identitas cukup satu saja sudah mewakili seluruh tiket yang telah dimiliki oleh pemilik.

HARUS MENGISI FORMULIR RESMI KERETA API INDONESIA.
Saat berada di stasiun anda harus mengisi formulir yang disediakan oleh petugas dan isi dengan lengkap sesuai dengan kolom tersedia. Setelah lengkap data tiket yang akan dilakukan refund. Formulis pembatalan atau refund ini telah disahkan oleh petugas dan akan diserahkan copinya ke pemohon. Formulir ini sebagai syarat mutlak untuk pengambilan bea pembatalan atau refund jika pemilihannya diterima secara uang tunai.

Dana yang dikembalikan ini setelah hari ke 30 hari dari jadwal yang telah ditetapkan dapat diambil uang tunai tersebut di stasiun yang telah ditunjuk oleh PT Kereta Api Indonesia. Saat mengambil uang refund ini pemohon harus membawa formulir yang telah dilakukan verifikasi petugas dan sertakan bukti identitas asli yang sesuai di formulir refund.

Jika berjalannya waktu ada masanya formulir ini hilang atau tercecer maka pemohon harus melampirkan surat kehilangan dari kepolisian terdekat saat pengambilan uang refund tersebut. Syarat ini harus terpenuhi karena sudah masuk dalam SOP standar dari PT KAI Persero.


FORMULA RINGKAS.
#1. Siapkan tiket yang akan dilakukan cancle atau refund.
#2. Kunjungi stasiun utama. Khusus anda membeli di travel agent offline atau online bisa dilakukan dengan persyaratan masing-masing.
#3. Pemilik tiket harus datang untuk mengurus proses yang akan dilewati dan anda harus mengikutinya, bisa diwakilkan harus membuat surat kuasa dan lengkapi dengan identitas yang masih berlaku seperti KTP.
#4. Mengisi formulis yang telah disediakan kemudian isi dengan lengkap kemudian serahkan ke petugas loket dengan melengkapi identitas asli dan fotocopy.
#5. Petugas loket akan verifikasi data dan proses ini berlangsung +/- 30 hari kalender.
#6. Uang bisa diambil setelah lewat dari waktu yang telah ditetapkan, datang ke loket yang telah ditunjuk untuk mendapatkan refund tiket. Khusus untuk transfer ke rekening waktu bisa melebihi 30 hari kalender. Bawa seluruh dokumen dan formulir saat mengambil uang refund tiket.

Cara praktis dan sangat mudah diikuti di saat anda telah membeli tiket tapi tidak jadi melakukan perjalanan. Ada faktor penting yang membuat anda membatalkan perjalanan bisa saja terjadi di suatu masa akan datang. Pastikan seluruh data dokumen penting pengajuan harus dimliki dan pastikan waktu minimal oengajuan refund masih bisa dilakukan proses administrasi oleh petugas loket karcis. Semoga bermanfaat dan dapat berguna informasi ini saat situasi baper melanda anda yang butuh tahap ini untuk refund tiket. 

Comments

Note: only a member of this blog may post a comment.