Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen atau Angin Biasa: Pilihan Mana Lebih Baik

Sebagian dari anda mungkin bertanya sekarang ini ada pilihan untuk mengisi angin ban dengan nitrogen atau angin biasa, mana yang lebih baik?. Pilihan ini sudah pasti terlintas di pikiran saat anda berada di bengkel atau di salon mobil yang menawarkan pilihan untuk anda sebagai konsumen berharga mereka. Pilihan ini sudah tentu pasti telah banyak direkomendasikan tetapi anda harus mengetahui apa saja keuntungan dan kelebihan masing-masing agar tidak terjadi salah paham setelah angin ban di isi. 

Poto oleh: otomotif.babe.news

Plesirankotatua ingin membagi pengalaman pada artikel ini agar pemahanan yang cukup memadai sehingga anda mengerti dan paham dan bisa menentukan pilihan untuk ban mobil nanti. Pemilihan ini bisa untuk ban motor atau mobil serta kondisi tubeless atau tidak. 

BAN ISI ANGIN NITROGEN.
A. KEUNTUNGAN.
1. Nitrogen akan memberikan nilai lebih bagus karena tidak mudah keluar dari karet ban mobil. Alasannya: udara bebas yang ada di alam bebas juga mengandung nitrogen. 
2. Pengisian angin nitrogen bisa ditemukan di beberapa bengkel besar dan SPBU besar yang memiliki fasiitas perbaikan mobil. 
3. Nitrogen memiliki keunikan yaitu tingkat kebocorannya sangat rendh sehingga untuk perjalanan jauh sangat direkomendasikan. 
4. Angin nitrogen di dalam ban saat berkendara jauh juga dapat menjaga suhu temperatur ban dengan sendirinya. Seperti anda berkendara dalam kecepatan tinggi dan suhu angin di dalam ban tidak akan menyebabkan panas malah sebaliknya justru ban menjadi dingin. Sehingga ban untuk jangka waktu tertentu bisa lebih hemat dan awet.
5. Pengalaman menggunakan ban yang telah isi angin nitrogen ini pada saat mengendari mobil terasa empuk dan ada penghematan bahan bakar saat berkendara. Menurut teori gas nitrogen yang telah di isi tersebut merupakan jenis partiker gas nitrogen [lambang kimianya N2] lebih besar dari partikel O2 makan N2 mampu mencegah terjadinya kebocoran atau hembusan angin di sela-sela ban dan velg sehingga tekanan ban masih dalam keadaan stabil.
6. Angin ban yang mengandung nitrogen ini mempunyai tekanan yang cukup stabil dan terjaga kondisinya dengan waktu yang lama dengan pengisian atau pengecekan berikutnya. Kestabilan ini tentu akan memberikan kinerja ban dan performa baik terhadap keselamatan berkendara.
7. Menurut pengalaman dengan kondisi ban yang padat dan stabil ini maka daya cangkram dan kinerja dari ke empat ban yang melekat memberikan pola kerja yang cukup baik sehingga grip maksimal memberikan akselarasinya. 
8. Memberikan waktu yang cukup panjang saat pemakaian ban untuk berkendara. Ban yang telah di isi dengan nitrogen ini telah memiliki tekanan ban yang cukup stabil di keempat ban akibatnya kondisi ban habis pada ragi menyeluruh tidak sebelah.

B. KELEMAHAN.
1. Anda mendapatkan harga yang sangat tinggi untuk pengisian ke empat ban saat berkendara. Harga angin nitrogen untuk satu ban berharga dimulai dari IDR20.000, ada diberikan tambahan biaya jika sebelumnya ban yang anda miliki di isi dengan angin biasa harus dilakukan pengurasan total sebelum di isi dengan nitrogen. Tambahan biaya untuk pengurasan ini akan dikenakan dimulai dari harga IDR5.000 - IDR10.000
2. Untuk tetap menjaga performa ban makan anda harus secara berkesinambungan harus mengisi tetap dengan gas nitrogen dan mengecek ketekanan ban motor atau mobil yang direkomendasikan oleh ATPM. 
3. Tidak semua tempat tersedia pengisian angin ban nitrogen, keterbatasan ini hanya ada di pom bensin besar yang menyediakan fasilitas bengkel express serta beberapa tempat salon untuk perawatan mobil. Bahkan di pusat perbelanjaan yang memberik konsep perawatan mobil express sudah mulai tersedia itupun hanya di kota besar seperti DKI Jakarta.

PENTING! untuk memperhatikan bahwa saat anda perjalanan jauh memang harus sedikit ekstra untuk selalu memperhatikan tekanan ban yang direkomendasikan oleh ATPM untuk seluruh ban. Dengan ukuran tekanan yang disarankan ini akan memberikan efek stabil dan performa berkendara dan anda merasa nyaman. Apabila terasa kekurangan angin ban di perjalanan tidak menemukan tempat pengisian angin nitrogen N2 ini maka anda bisa dicampur dengan angin biasa sampai menemukan bengkel terdekat yang menyediakan pengisian angin nitrogen. Memang sedikit merepotkan tetapi manfaat banyak bisa anda dapatkan untuk performan yang diinginkan. Pastikan setelah sampai di bengkel yang memiliki pengisian angin nitrogen N2 harus kembali di isi semua dengan nitrogen.

BAN ISI ANGIN BIASA.
A. KEUNTUNGAN.
1. Dengan harga yang sangat terjangkau untuk pengisian angin ban mobil sudah sangat dinikmati dan harga dimulai dari IDR2.000 per ban menjadi pilihan terbanyak dari pemilik kendaraan.
2. Tersedia di banyak tempat dan sangat mudah ditemukan hampir di jalan utama kota dan perjalanan jauh sehingga anda tidak khawatir untuk mengisi kembali jika tekanan udara merasa kurang. Tempat yang bisa anda pilih bisa di bengkel motor atau tempat tambal ban yang juga menyediakan jasa untuk memperbaiki ban kendaraan bocor.

B. KELEMAHAN.
1. Untuk tingkat kebocoran relatif cukup besar jika dibandingkan dengan ban angin nitrogen. Karena status oksigen yang ada di dalam ban saat bocor bisa langsung menyatu dengan oksigen yang ada di alam bebas sehingga proses pengempesan bisa cepat berlangsung. Jadi pada saat berkendara jika terjadi ban bocor potensi untuk cepat kempes bisa terasa dengan cepat terkadang pada saat kendaraan di pacu dalam kecepatan tinggi akan mempengaruhi keselamatan anda dan kendaraan.
2. Perbedaan konsumsi bahan bakar untuk angin biasa dan angin nitrogen memang ada sedikit perbedaan. Untuk angin biasa konsumsi bahan bakar lebih banyak walaupun secara persentase belum ada penelitian menjauh dari pengamatan memang ada perbedaan.
3. Apabila tekanan angin berkuarang makan cengkraman ban dan grip standar saja jika dibandingkan dengan angin ban nitrogen.
4. Daya tahan ban relatif pendek jika dibandingkan dengan nitrogen. Karena jika berkurang saja posisi tegak ban sudah bisa melemah dan motif ban bisa  habis sebelah.
5. Temperatur suhu ban lebih panas dari ban isi nitrogen jadi potensi pecah ban lebih besar di saat perjalanan cuaca terik terutama di jalan tol bebas hambatan.

Semoga artikel ini bermanfaat sehingga anda bisa menentukan posisi perjalanan bagaimana yang harus menggunakan angin biasa atau angin nitrogen. Sesuaikan dengan kondisi perjalanan jika diperlukan karena ada pengaruh terhadap keselamatan, hemat, hingga performa mesin. Semua tergantung dari pemilik kendaraan yang ingin memperoleh hal yang lebih baik untuk sebuah harga yang dibayar. Kedua pilihan ini memang bisa diterapkan pada ban motor atau mobil Selamat traveling.

Comments

Note: only a member of this blog may post a comment.