Sobat Ingin Beli Motor Bekas: Simak Tips Cara Membeli Agar Tidak Tertipu Sama Penjual Hasil Berkualitas Baik Sempurna

Sebenarnya motor bekas sudah mulai dilirik untuk dibeli karena harganya masih dapat di nego bahkan pilihan cukup banyak. Kebutuhan motor bekas ini memang sudah menjadi fenomenal di seluruh penduduk karena kebutuhan transportasi biaya yang cukup murah meriah memang harus memiliki motor sebagai solusi terbaik. Banyak sekali pengalaman dari saudara bahkan teman yang tertipu saat membeli motor bekas menjadi pengalaman berharga bagi anda yang ingin mendapatkan kendaraan ini untuk kegiatan sehari-hari. Tentu, untuk meningkatkan performance bahkan bentuk tentu penjual akan berusaha memberikan solusi untuk memperbaiki sampai memoles motor bekas tetap cantik diharapkan harga yang akan di jual tetap menjadi tinggi. Namanya juga pedagang memang harus ada usaha tetapi anda sebagai konsumen harus ekstra hati-hati agar tidak terpedaya dengan penampilan yang sangat kinclong tetapi anda masuk dalam lingkup tertipu bahkan dikecoh sama penjual.

Poto oleh: otomania.gridoto.com

Plesirankotatua ingin membagi sharing pengalaman saat anda menghadapi situasi dan kondisi membeli motor bekas baik di showroom, langsung ke pemilik kendaraan, hingga berasal dari iklan yang di dapat pada media sosial. Saran dan tips ini sudah menjadi pengalaman dan bisa menjadi guru yang baik bagi anda agar mendapatkan motor bekar berkualitas dan tidak tertipu dari penjual yang nakal. Berikut tips simpel dan mudah yang bisa anda pahami.

1. Beli Jenis Motor Apa?
Sebagai pembeli anda harus menentukan beli jenis motor apa yang akan dilirik apakah jenis bebek, sport, skuter matik, hingga motor gede. Pastikan juga menentukan tipe, tahun, dan pabrik yang membuatnya sehingga pilihan anda menjadi mengerucut ke tujuan akhir motor bekas. Setiap tipe jenis dan merek mempunyai keunggulan masing-masing pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan di kegiatan sehari-hari sehingga maksimal dalam pemakaian dan sesuai dengan budget yang telah anda persiapkan. Selera dan budget menjadi penentu untuk memilih jenis serta tipe motor bekas yang menjadi cita-cita.

2. Investigasi Harga Pasar Motor Pilihan.
Sebelum anda melangkah lebih jauh sudah kah anda melakukan investigasi harga pasar motor yang akan dipilih. Cek harga sekarang ini sudah sangat mudah, lewat smartphone saja sudah bisa dimulai karena sudah banyak platform hingga penjual yang memasang iklan disana dan harga pasar ini sebagai cara untuk mempersiapkan strategi apa yang akan anda terapkan. Harga dan tahun pembuatan motor bekas ini berhubungan garis lurus semakin tua tahunnya semakin murah pula harga pasarnya tergantung dari kondisi motor bekas itu sendiri. Sebaiknya anda melakukan monitoring harga pasar ini minimal tiga penjual agar komparasi bisa terlihat jelas dengan deskripsi informasi yang diselipkan oleh penjual.

3. Pilih Penjual Jujur Terpercaya.
Semua poin satu dan dua sudah anda dapatkan, saatnya memilih penjual yang jujur terpercaya menjadi tahap berikutnya. Jika anda mendapatkan penjual di dunia online pastikan platform yang mereka gunakan untuk menempatkan iklannya mempunyai track-record baik dari admin start-up yang menjadi pilihan penjual yang bisa terlihat dari bintang yang diberikan di toko mereka hingga komentar positif dari pembeli yang telah mendapatkan motor bekas lainnya dengan tipe dan jenis tertentu. Khusus yang mempunyai showroom pastikan rekomendasi dari rekan, sahabat, hingga konsumen lain memberikan rekomendasi untuk membeli motor di showroom ini.

PENTING! untuk penjual di media online walaupun sudah mendapatkan reputasi baik oleh start-up platform tempat toko mereka anda juga harus melakukan perbandingan atau penjajakan awal yang cukup agar kenyakinan pilihan bisa anda pertimbangan dengan waktu yang cukup.

4. Dokumen Penting Kendaraan.
Unit motor yang anda inginkan seluruh surat dokumen penting kendaraan lengkap dan sesuai dengan kendaraan tersebut. Dokumen penting yang menjadi rujukan adalah STNK dan BPKP. Dua jenis surat penting ini menjadi rujukan penting dan informasi yang tercatat di dokumen ini harus jelas dan menjelaskan motor bekas yang akan anda beli. Nomer rangka dan nomer mesin harus sama tidak boleh kurang atau lebih. Karena nomer yang tertera ini merupakan kendaraan asli tidak barang curian dan lainnya. Untuk memberikan kenyamanan tingkat tinggi anda bisa melakukan pengecekan ke SMS center polisi terdekat apakah kendaraan ini terdaftar atau tidak.


5. Kondisi Masih Mulus Terlihat Terawat Baik.
Banyak pembeli menyebutnya sulit gampang, memang secara kasat mata memang melihat secara langsung sudah terlihat bersih mulus dan terawat sudag cukup tetapi harus dipastikan tidak ada goresan, penyok, bahkan retak saat melakukan pengecekan teliti. Saat melakukan tanya jawab ke pemilih motor bekas ini saat perawatan pergi ke bengkel mana dan seterunya. Bertanya boleh tetapi jangan menghakimi pembeli dengan sifat menyudutkan akan memberikan kesan tidak baik. 

Penting! melihat kondisi kendaraan memang harus ada keahlian cukup agat motor bekas ini tidak pernah terjadi tabrakan ataupun rusak parah. Jika diperlukan bawa teman atau saudara untuk menemani anda saat melakukan pengecekan kondisi motor dengan baik.

6. Cek Kondisi Oli.
Oli adalah formula yang sangat diperhatika untuk kendaran motor bekas. Pastikan pembeli pastikan harus meminta penutup oli motor untuk dibuka agar anda sebagai pembeli bisa melihat kondisi bagaimana keadaan oli pada saat kendaraan tersebuu dikunjungi. Pastikan pengukur batas oli masih cukup tidak kurang dan lebih sehingga anda mengetahui oli yang berada di dalam mesin masih keadaan cukup serta anda juga bisa melihat apakah penutup oli ini masih baik kondisinya tanpa ada keausan atau kerusakan.

7. Periksa Teliti Speedometer.
Untuk melihat keadaan asli dari speedometer harus dilihat dengan rinci dan teliti. Motor yang masih terawat sudah pasti seluruh fungsi pada speedometer ini masih nyala dan memberikan informasi yang cukupdi seluruh indikator yang ada di setiap sudut. Khusus pada motor gede sudah tentu pasti memberikan panel lain yang harus dilihat yaitu tachometer dan teliti seluruh permukaan tidak ada kerusakan bahkan ada yang retak pelapis plastik yang membungkus angka atau petunjuk indikator penting.

Penting! angka yang tertera di speedometer pastikan anda meneliti apakah angka tersebut masih wajar untuk tahun sepeda motor yang anda lihat inil. Apabila sepeda motor bekas ini umurnya sudah 2 tahun jika kilometernya sudah mencapai 30.000 berarti secara rata-rata saja untuk satu hari perjalanan motor ini sudah berjalan +/- 82 km {seperti itulah kira-kira logika yang bisa dipakai untuk analisa angka kilometer yang sudah terbentuk di speedometer}. Intinya kewajaran angka motor bekas ini masih masuk akal dari kaca mata matematikanya.

8. Mendengar Saat Mesin Motor Hidup.
Setelah anda melakukan investigasi dan mengecek seluruh tahap diatas maka saatnya anda mendengar suara mesin saat motor sudah dihidupkan. Pelas tapi pasti saat dihidupkan ini saat tidak ada penarikan gas bunyi mesin masih tetap halus dan tidak brisik pada saat mesin dalam kondisi putaran mesin rendah. Akan terjadi ketidaknyamanan saat mesin terjadi masalah atau trouble saar rpm mesin dibawah 1500 rpm harus menjadi perhatian khusus.

9. Rasakan Saat Terjadi Transmisi Berpindah.
Setelah mendengar suara mesin dan saatnya anda harus mencoba dan merasakan terjadinya perpindahan transmisi saat motor bekas ini berjalan. Saat transmisi 1 berpindah ke transmisi 2 masih dalam keadaan halus atau agak sedikit terasa keras. Jika terjadi ada rasa keras maka potensi untuk ganti kampas kopling sudah harus diganti. Apabila ada bunyi yang tidak nyaman pengganti gir depan belakang sebaiknya diganti komplit dengan rantainya. Untuk jenis dan tipe gir ini akan berbeda untuk jenis dan tipe kendaraan yang akan anda beli nanti.

Penting! khusus untuk motor bekas matic semuanya serba otomatis tentu anda bisa merasakan akselerasinya perpindahan ini masih dalam halus dan tidak ada rasa batuk-batuk atau tersendat-sendat.

10. Pastikan Tidak Ada Kebocoran.
Anda juga bisa melakukan percobaan saat motor bekas ini telah dihidupkan dan merasakan perpindahan transmisi. Berjalan sekitar 500 meter merasakan perpindahan transmisi ini apakah masih dalam keadaan baik dan memberi rasa nyaman saat berkendara. Setelah anda melakukan perjalanan +/- 1 km berhenti dan menepi lihat apakan mesin mengalami kebocoran atau tidak. Termasuk oli dan radiator. Karena kedua poin ini berhubungan langsung dengan mesin motor.

11. Pengecekan Rinci Arus Listrik Motor Bekas.
Saat anda telah melakukan pengecekan beberapa tahap sebelumnya dan dinyatakan lengkap dan kondisi baik maka proses investigasi lainnya melihat dan pengecekan kondisi arus listrik tetap berjalan dengan baik seperti lampu penting pada motor menyala dengan baik. Jenis lampu yang penting utama adalah lampu sen, lampu belakang, lampu depan, lampu hazard, klakson, dan saat menghidupkan motor dengan starter harus halus dan responsive. Apabla arus listrik tidak menyala dengan baik diindikasikan pengecekan sekering motor dalam kondisi tidak baik jika perlu diganti.

12. Motor Bekas Kondisi Baik Terhindar Kecelakaan Besar.
Pengecekan ini harus sangat teliti sekali, tidak boleh tergesa-gesa harus pelan tapi pasti. Cara yang sangat mudah adalah saat motor bekas ini berdiri dengan standar ganda di permukaan area yang datar. Lihat lah apakah roda belakang dan depan masih dalam posisi pada garis yang lurus sejajar dan tepat. Ada kesejajaran posisi antara roda, stang, dan bodi motor. Ini lah posisi sempurna bagi motor bekas yang tidak mengalami kecelakan besar dan tidak ada proses pembengkokan.

Untuk pengetesan berikutnya adalah saat anda berjalan dengan kecepatan +/- 40 km/jam lakukan pengereman secara mendadak dan rasakan apakah motor masih bisa dikendalikan dengan responsive atau tidak. Apabila anda merasakan ada merasa kesulitan sudah dipastikan ada ketidakberesan dengan posisi sejajar antara roda, stang, dan bodi motor bekas ini. Pengecekan sebaiknya berulang agar mendapatkan kenyakinan akan fenomena ini.

13. Lakukan Tes Riding Lebih Lama.
Sebaiknya anda bisa riding test yang cukup lama agar memberikan kenyakinan yang cukup baik. Test lebih lama ini dapat melihat secara keseluruhan keadaan motor bekas ini dan direkomendasikan agar ada teman yang dibawa saat boncengan supaya mengetahui akselarasi saat berjalan dan berbelok. Jadi sempatkan untuk melakukan tahap ini agar pemilihan motor bekas dengan tepat dan sebenarnya dapat anda lakukan semaksimal mungkin.

KESIMPULAN.
Setelah anda melakukan seluruh tahap ini bisa anda terapkan pada membeli motor bekas di showroom, langsung ke penjual, hingga dari iklan dari media sosial agar motor bekas yang anda cari berkualitas baik, sempurna, dan meminimalisir dari resiko agar anda tidak tertipu dan terselamatkan dari kecurangan para penjual yang mungkin saja bisa terjadi. Buat catatan lengkap dan saat anda melakukan negosiasi ke penjual motor bekas ini sebutkan kekurangan dari motor dengan penyampaian yang santun sehingga harga terbaik yang akan anda dapatkan bisa terwujud. Cara tahap seperti ini sudah sangat umum dilakukan dan bagi yang tidak memiliki pengetahuan sekalipun bisa menerapkan proses formula ini agar keinginan untuk mendapatkan motor bekas idaman bisa anda wujudkan segera tanpa ada hambatan sama sekali. Semoga bermanfaat dan selamat hunting motor bekas berkualitas dan dijauhkan dari penipuan dari penjual yang harus diminimalisir sedini mungkin.

Tag: tips membeli motor bekas di showroom, tips membeli motor bekas aman,  tips membeli motor bekas matic, cara memilih motor bekas berkualitas, cara membeli motor bekas agar tidak tertipu, tips membeli motor mio bekas, cara mengecek mesin motor matic bekas, tips membeli motor matik bekas injeksi.

Comments

Note: only a member of this blog may post a comment.