Coworking Space Di Indonesia Konsep Baru Untuk Bisnis Berlaku Semua Latar Belakang Bisnis Termasuk Seorang Digital Nomads

Sekarang ini sudah mulai bermuculan coworking space yang sudah mulai membius para digital nomads Indonesia sebagai tempat penting untuk membuat konten kreatif yang disenangi oleh para ilustrator atau creator yang butuh tempat untuk mewujudkannya. Sebenarnya tempat ini juga diperuntukan kepada seluruh kalangan termasuk para pebisnis yang ingin bertemu dengan client butuh tempat untuk bertemu, meeting, hingga mini conference untuk memenangkan kompetisi yang sedang mereka lakukan. Bahkan saat sekarang ini telah bermunculan tempat coworking yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga sampai ke Bali.

Poto oleh: xwork.co

Perkembangan coworking ini tumbuh karena adanya peluang pasar yang diinginkan oleh konsumen yang butuh tempat yang cukup lengkap seperti kantor pada umumnya dimana mereka bisa menyewa tempat ini dalam waktu tertentu untuk bekerja saat waktu yang mereka miliki ada disekitar lokasi coworking ini berada. Tentu anda sangat membahami jika seorang pekerja kantoran yang banyak berhubungan dengan fasilitas pendukung untuk bekerja dan itu lah konsep asli dari coworking yang sudah menjamur saat ini.

APA ITU COWORKING SPACE?
Pertanyaan ini tentu banyak dicari oleh para konsumen lainnya bahkan menjadi trending topik di media sosial. Apa itu coworking space?. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia merupakan ruang kerja bersama untuk melakukan aktifitas baik orang pribadi atau kantoran untuk bekerja dengan tujuan tertentu. Ruangan yang tersedia mirip dengan sebuah kantoran yang bisa menampung beberapa orang sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis, start up, freelancer, digital nomads, hingga strategic planner. Ketersedian luas memang tergantung dari kebutuhan masing-masing dimulai dari untuk satu orang hingga lebih dari 10 orang. Fasilitas pendukung untuk sebuah coworking ada tersedia pantry utuk melakukan aktifitas konsumsi saat istirahat berlangsung.

KONSEP COWORKING SPACE.
Konsepnya tentu harus disesuaikan dengan selera konsumen dengan kenyamanan yang sangat tinggi bahkan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang mutakhir serta up-to-date. Ruang kerja yang sangat nyaman seperti di perkantoran pada umumnya bisa dinikmati saat anda yang ingin memulai suatu bisnis tetapi tidak memiliki kantor maka solusinya dapat memilih coworking space sebagai pilihan terbaik. Mungkin sebelumnya banyak menggunakan cafe atau resto sebagai tempat untuk meeting membicarakan bisnis tetapi sekarang sudah beralih ke kantor idaman yang didapat dari coworking space seperti ini.

Hampir sama dengan kantor tetapi coworking banyak dimanfaatkan oleh semua konsumen dengan beraneka ragam latar belakang. Banyak ditemukan di perkantoran sebagai pusat bisnis di Jakarta, Bandung, hingga Surabaya dimana gedung satu lantai di sulap menjadi beberapa bilik disesuaikan dengan kebutuhan kemudian di desain menarik ibarat sebuah ruangan khusus yang bisa digunakan sebagai tempat kerja, meeting, presentasi, hingga kegiatan perkantoran pada umumnya.

Fasilitas yang disediakan tentu harus disesuaikan dengan client yang akan menggunakan service ini apakah perusahaan, start up, atau seorang digital nomads. Dengan adanya pemilihan konsep ini akan berhubungan dengan fasilitas yang akan disiapkan oleh pengelola coworking space. Semua pilihan ini harus memberikan kesan bahwa tempat yang mereka tempati sementara ini nanti harus homy bahkan terkesan modern dengan desain minimalis dan elegan. Biasanya konsumen yang sudah banyak tinggal di kota metroplitan akan menyukai konsep selera urban yang dilengkapi dengan furniture tidak membosankan dan dapat memberikan mood kerja lebih semangat dengan pemilihan warna yang tepat. Pastinya, dengan fasilitas yang sudah up to day ini akan dilengkapi dengan jaringan internet super cepat, line telepon yang bisa conference call, hingga fasilitas vidio call yang menjadi pelengkap teknologi mutakhir.


SEJARAH MUNCULNYA COWORKING SPACE.
Ide pertama kali muncul coworking space ini sekitar tahun 1995 saat ini ad organisasi nirlaba C-Base yang berlokasi di Jernam yang ingin menggabungkan pola organisasi yang dimilikinya dengan teknologi komputer serta tempat untuk melakukan meeting pertemuan. Para peserta menyebutnya pada waktu ini menyebutnya Hackerspace. Dengan berjalannya waktu berubah nama menjadi coworker space, dengan penyebutan nama ini terjadi sekitar tahun 1999 oleh Bernard Brian De Koven. Konsep yang mereka lakukan dimana semua yang hadir tidak ada bawahan dan atasan berbeda dengan konsep kantoran yang sudah ada pada umumnya. 

Menjadi sebuah coworker space sebenarnya terwujud sekitar 9 Agustus 2005 di San Fransisco USA dimana banyak yang menyebut di tanggal ini lah lahirnya coworker space pertama dunia ada di sini didirikan oleh Brad Neuberg yang awalnya ruangan yang dilengkapi dengan meha spiral yang bisa digunakan sebagai tempat bekerja dan saat tersebut disediakan juga menu makan siang untuk para peserta yang hadir. 

Napak tilas di Indonesia coworking space yang awalnya ada di kawasan Sukaluyu Bandung ini muncul di kota lainnya seperti Jakarta, Surabaya, dan beberapa kota lainnya. Dengan berkembangnya dan bahkan cukup baik sambutan masyarakat maka puncaknya di bulan Februari tahun 2016 diadakan Konferensi Coworker Indonesia di Bali sebagai awal bertemunya coworking space Indonesia.

TANTANGAN COWORKING SPACE INDONESIA.
Memang konsep ini mirip kantor yang sangat banyak fasilitas pendukung yang mempunyai harga yang cukup mahal bahkan sebagian orang masih berfikir panjang dengan harga yang di publish. Tetapi jika melihat prospek ke depan bisnis ini bisa sangat berkembang saat start up atau digital nomads yang ingin tempat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisa bersaing dengan baik sehingga going concern bisnis coworking ini bisa berjalan semestinya. 

Khusus bagi developer atau owner pemilih gedung yang masih saja ada lantai yang kosong tanpa penyewa dapat membuat konsep coworking space ini untuk menarik para start up muda atau para penggila digital untuk datang dengan menyewa pastikan sesuai dengan kapasitas dompet hingga luasnya space yang disiapkan. 

SEGMENT PASAR.
Untuk memenangkan kompetisi memang harus terfokus pada segmen pasar yang akan dimasuki oleh pengelola coworking space. Lirik pasar yang memang potensial dan sesuaikan dengan lokasi tempat area yang akan dijadikan lahan untuk coworking ini. Misalnya, gedung yang menyediakan coworking space di sekitar pusat bisnis atau dekat dengan shopping mall fokus segmen pasar jatuh pada pebisnis profesional muda hingga strategic planner dari perusahaan yang sedang melayani investor yang akan melakukan go private untuk tujuan bisnis jangka panjang. Begitu juga dengan loksi dekat dengan sekolah, universitas, atau pusat pendidikan tentu coworking space yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meneliti segment pasar ini untuk meningkatkan konsumen yang akan melakukan penyewaan untuk waktu tertentu. Memang pengelola harus menyesuaikan dengan jenis fasilitas yang dibutuhkan oleh segemented pasar yang akan dimasuki untuk bisa memenangkan kompetisi di masa yang akan datang.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN COWORKING SPACE.
Jika bisnis anda sudah mulai berjalanan dan jumlah client anda yang ingin bekerjasama dengan anda sudah meningkat berarti anda butuh tempat yang cukup representatif agar meeting yang akan dilakukan tetap nyaman memang harus menggunakan coworking space untuk menunjang seluruh aktifitas bisnis. Merintis sebuah perusahaan tidak selalu harus memiliki kantor sendiri, anda bisa mengambil peluang dengan munculnya pilihan coworking space sebagai tempat terbaik dengan harga yang masih bisa terjangkau untuk kelas start up, digital nomads, hingga pelaku bisnis. Jika anda masih dalam tahap berkembang memang tidak harus selalu memiliki aset kantor dengan fasilitas yang cukup lengkap dari coworking space bisa diandalkan untuk sementara. Apabila seluruhnya sudah stabil maka anda bisa memikirkan membuat lokasi kantor yang sebenarnya untuk melakukan aktifitas bisnis anda.

PENUTUP.
Kapan anda membutuhkan coworking space untuk bekerja bisa diteliti dengan komprehensif agar peluang untuk mendapatkan client atau memenangkan kompetisi bisnis butuh tempat yang representatif. Peduli dengan bisnis memang harus anda pengorbanan untuk membayar sedikit lebih mahal tetapi effort strategis yang bisa anda dapatkan di jangka pendek atau jangka panjang sangat nyata di depan mata. Meneliti dengan teliti sebelum bertindak memang diharuskan agar efektifitas penggunaan cowroking space ini bisa lebih maksimal untuk kebutuhan bisnis anda di masa yang akan datang.

Comments

Note: only a member of this blog may post a comment.