Pilih service di bengkel resmi atau bengkel umum biasa untuk kendaraan motor atau mobil saat melakukan perbaikan untuk jumlah kilometer tertentu. Tentu setiap kendaraan mempunyai merek seperti Honda, Toyota, Mazda, Chevrolet, Suzuki, dan lainnya. Sudah pasti anda melakukan perawatan di kedua jenis tempat service ini untuk merawat kendaraan suapaya tetap awet dan kondisinya tetap baik di kemudian hari. Sebagai pemilih kendaraan tentu memilih yang terbaik dan kestabilan kendaraan tetap prima saat dikendarai dengan jarak yang cukup jauh.
Perawatan rutin sangat perlu diperhatikan terutama mobil. Ada jadwal rutin service seperti 10.000 km, 25.000 km, 40.000 km, dan seterusnya. Seluruh tahap ini harus dilewati karena kendaraan terus melayu dan perawatan di bengkel service harus dilakukan. Plesirankotatua ingin membagi sharing pengalaman untuk anda yang butuh pertimbangan dimana lokasi yang paling tepat untuk melakukan service mobil atau motor agar tidak salah pilih. Jika anda salah pilih akan berdampak pada kerugian dalam nilai uang yang akan dibelanjakan. Jadi pilih keputusan yang terbaik untuk kendaraan anda.
Poto oleh: oto.com |
1. Beda Nama Tentu Beda Platform.
BENGKEL RESMI.
Namanya bengkel resmi sudah pasti resmi di jalankan oleh ATMP [Agen Tunggal Pemegang Meek] untuk memberikan pelayanan khusus terhadap merek kendaraan motor atau mobil. Sudah pasti bengkel resmi hanya melayani satu merek saja walaupun jenis dan tipe kendaraan cukup banyak.
Tenaga ahli yang akan melayani untuk melakukan service kendaraan ini sudah dibekali pengetahuan yang cukup dan memiliki spesialisasi masing-masing seperti teknisi untuk perbaikan umum, foremen, hingga seorang service advisor.
Begitu juga penggunaan spare part resmi yang asli sudah pasti digunakan untuk seluruh tipe jenis kendaraan. Tidak ada menggunakan spare part palsu yang akan memperburuk kondisi prima kendaraan sehingga anda merasa aman dan tenteram selama perjalanan nanti.
BENGKEL UMUM.
Jika dilihat bengkel umum sudah dipastikan seluruh merek mobil bisa mereka lakukan tetapi tidak mendapat rekomendasi dari ATPM terhadap hasil kerja. Yang penting teknisi yang akan membantu anda untuk memperbaiki ataupun service bisa mereka lakukan.
Untuk teknisi yang mengerjakannya bisa langsung pemilik, service advisor, hingga perbaikan dilakukan oleh satu orang. Bisa saja terjadi, sehingga apabila banyak antrian anda harus rela nunggu lama sampai satu unit kendaraan selesai diperbaiki.
Hasil kerjanya memang tergantung dari komentar dari teman yang telah mencoba menggunakan jasa teknisi bengkel ini, ya ibaratnya sangat subjektif sekali. Karena keahlian mereka didapatkan kebanyak otodidak bukan didikan langsung dari ATPM, kalaupun ada bisa saja montir ini pernah ikut pelatihan dari ATPM atau bekas teknisi dari salah satu merek ATPM itu sendiri. Jadi apabila jenis mobil yang cukup baru masih meraba-raba apa saja komponen yang harus di lihat.
Untuk penggunaan spare part tergantung dari pemilik kendaraan, bisa menggunakan original ataupu palsu alias KW. Jadi keawetan kendaraan anda terbatas dalam waktu saja tidak memberikan kenyamanan penuh untuk sebuh kenikmatan perjalanan.
2. Biaya Jasa Service Perbaikan.
BENGKEL RESMI.
Tentu ada harga ada kualitas sudah pasti anda dapatkan di bengkel resmi ATPM. Semua pekerjaan yang dilakukan setimpal dengan harga dan hasil yang akan anda rasakan setelah service dan pastinya kondisi kendaraan tetap stabil dan selalu terukur performanya. Setiap merek dan tipe jenis ATPM berbeda biaya jasa perbaikan dimulai dari IDR300.000 s/d IDR1 Juta lebih untuk satu kali sevice itupun harus ditambah dengan biaya lainnya yang akan termasuk biaya total sekali service.
Semakin tinggi cc unit tipe kendaraan pribadi otomatis akan mempengaruhi nilai biaya jasanya. Misal untuk biaya sekali service Fortuner tidak akan sama dengan Sienta dan seterusnya.
BENGKEL UMUM.
Terbalik dengan bengkel umum, jenis merek apa saja bisa dikerjaan asal mekanik mengerti dan paham apa saja yang harus dikerjakan. Untuk tarif biaya memang sangat bervariasi tergantung dari pengalaman si mekani nya. Ada beberapa bengkel umum yang sangat antri untuk perbaikan kendaraan bisa memasang tarif yang mendekati tarif bengkel resmi. Itupun tidak banyak hanya beberapa tempat tertentu saja. Untuk cc kendaraan bisa saja mereka kerjakan dimulai dari 1000 cc hingga 3000 cc dan harga per sekali service dimulai dari harga IDR200.000
Untuk kualitas pekerjaan tergantung dari pengalaman si mekanik ada yang bertahan lama ada pula setelah beberapa hari berjalan kembali lagi diperbaiki. Jadi waktu dan biaya anda terbuang percuma akhirnya secara total perbaikan sudah sama dengan di bengkel resmi.
3. Peralatan Utama Dipakai.
BENGKEL RESMI.
Sudah pasti service di ATPM memiliki alat yang telah menjadi standar perawatan service dan lengkap. Dimulai dari kunci berbagai ukuran, alat tester, hingga pengukuran performa mesin juga mereka miliki. Jadi, pada saat kendaraan anda masuk ke service bengkel resmi sudah ada data dan histori perbaikan bahkan yang seang diperbaiki pun bisa diketahui apa saja yang harus dilakukan.
Untuk semua jenis dan tipe di merek kendaraan yang sama bisa langsung terdeteksi dengan alat canggih sehingga hasil service lebih akurat dan kenyamanan pasca service bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan.
BENGKEL UMUM.
Peralatan yang digunakan ya tentu standar bengkel umum tidak selengkap di bengkel resmi. Tetapi tidak seluruhnya bengkel umum yang seperti ada pula bengkel umum membekali service kendaraan dengan berbagai alat tambahan yang cukup canggih bahkan melebihi dari bengkel resmi. Lokasi bengkel umum seperti ini banyak berlokasi di DKI Jakarta.
Setelah anda mengetahui perbedaan yang paling khusus perbedaan bengkel resmi dan bengkel biasa umum untuk melakukan service kendaraan dengan keunggulan serta kelemahan masing-masing. Untuk menentukan pilihan ya tergantung dari mindset anda untuk mengarahkan kemana kendaraan yang dimiliki sebagai aset yang terus dijaga dan akan selalu dipakai selama perjalanan nanti.
Untuk masalah harga memang relatif dan keuntungan sebuah kenyakinan hasil perbaikan memang berhubungan garis lurus dengan biaya yang akan anda keluarkan. Untuk bengkel resmi anda tidak khawatir dengan kualitas hasil kerja yang akan anda terima, anda tidak perlu repot harus turun ke bengkel untuk menyampaikan keluhan. Cukup ke service advisor teknis mekanik akan segera melakukan dan dilengkapi dengan alat canggih yang mereka gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal terbaik. Kalau di bengkel umum anda harus repot langsung turun kadang melototin mekanik bekerja seperti tidak ada kepercayaan penuh.
4. Kapasitas Ruang Pekerjaan.
BENGKEL RESMI.
Sudah pasti bengkel resmi memiliki luas ruangan yang sangat kredibel untuk sebuah tempat service kendaraan. Anda bisa melihat, dari mulai masuk hingga lokasi perawatan teratur dan pastinya sesuai dengan SOP yang telah mereka buat sebagai standar pekerjaan yang harus diikuti. Pastinya kebersihan dan ketepatan waktu bekerja sangat bisa diandalkan karena ATPM service bengkel resmi memiliki tenaga kerja yang cukup terampil dan cukup. Luas ruangan pekerjaan sangat cukup untuk memuat sampai 20 unit kendaraan tipe sedang.
BENGKEL UMUM.
Mungkin tidak seluruhnya tetapi rata-rata ruang pekerjaan mekanik sangat sempit dan sangat penuh dengan beberapa tipe jenis kendaraan lain yang parkir bersebelahan. Dengan ruangan yang seadanya dan masih relatif cukup baik tidak menutup kemungkinan kurang bersih dan masih terlihat limpahan oli atau minyak lainnya sehingga terlihat agak kumuh. Implikasinya, ada beberapa spare part anda terjatuh di tanah kurang terjamin kebersihan berakibat kepada kerusakan pada saat pemasangan dengan masuknya material yang tidak dikenal oleh mesin. Jadi berakibat performa mesin bukannya lebih baik malah menurun.
4. Kapasitas Ruang Pekerjaan.
BENGKEL RESMI.
Sudah pasti bengkel resmi memiliki luas ruangan yang sangat kredibel untuk sebuah tempat service kendaraan. Anda bisa melihat, dari mulai masuk hingga lokasi perawatan teratur dan pastinya sesuai dengan SOP yang telah mereka buat sebagai standar pekerjaan yang harus diikuti. Pastinya kebersihan dan ketepatan waktu bekerja sangat bisa diandalkan karena ATPM service bengkel resmi memiliki tenaga kerja yang cukup terampil dan cukup. Luas ruangan pekerjaan sangat cukup untuk memuat sampai 20 unit kendaraan tipe sedang.
BENGKEL UMUM.
Mungkin tidak seluruhnya tetapi rata-rata ruang pekerjaan mekanik sangat sempit dan sangat penuh dengan beberapa tipe jenis kendaraan lain yang parkir bersebelahan. Dengan ruangan yang seadanya dan masih relatif cukup baik tidak menutup kemungkinan kurang bersih dan masih terlihat limpahan oli atau minyak lainnya sehingga terlihat agak kumuh. Implikasinya, ada beberapa spare part anda terjatuh di tanah kurang terjamin kebersihan berakibat kepada kerusakan pada saat pemasangan dengan masuknya material yang tidak dikenal oleh mesin. Jadi berakibat performa mesin bukannya lebih baik malah menurun.
TIPS:
Sebagai akhir artikel ini, semuanya tergantung dari anda sebagai pemiliki kendaraan. Apakah ke bengkel resmi atau bengkel umum biasa dan setiap pilihan harus ada konsekwensi yang akan anda dapatkan. Perlu di ingat juga bahwa untuk merek kendaraan tertentu seperti Jepang atau Eropa memiliki platform pekerjaan service yang sangat berbeda. Sebagian besar di bengkel biasa umum banyak menerima kendaraan yang berasal dari negara Jepang. Untuk negara lainnya seperti Eropa ataupun Korea masih sangat terbatas tenaga mekaniknya jadi pilihan untuk selain negara Jepang sebaiknya ke bengkel resmi saja untuk mendapatkan penanganan service yang memiliki akurasi lebih tinggi.
Comments
Note: only a member of this blog may post a comment.