Saatnya Creator Pilih Platform Mana: IGTV atau Youtube

IGTV-atau-Youtube. Sekarang ini para creator muda seluruh dunia telah bisa memilih platform mana yang akan digunakan untuk sharing semua conten kreatif mereka ke audience dunia maya. IGTV yang telah di lounching oleh raksasa media sosial Facebook ini telah menjadikan sebuah fenomena yang bersejarah kepada seluruh pengguna produk digital seperti smartphone. Facebook tidak mau ketinggalan untuk memberikan sebuah platform baru yang bisa menjadi sebuah pilihan terbaik untuk menjadikan sebuah conten kreative anda yang lebih dihargai untuk seluruh follower yang akan singgah melihat hasil karya anda. Saat sekarang ini mungkin seluruh jagad dunia ingin mencari informasi lengkap mengenai kedua platform IGTV atau Youtube mana yang terbaik untuk bisnis freelancer ataupun media promosi seluruh hasil karya anda, Plesirankotatua berhasil merangkum informasi yang anda cari dan putuskan platform mana yang sesuai apakah IGTV-atau-Youtube. Apa saja keuntungan dan kelemahan masing-masing platform ini, berikut penjelasannya.

Poto oleh: vergehub.com

1. FORMAT VIDIO.
Telah bisa terlihat jelas bahwa format vidio yang tersedia di IGTV adalah vertikal, dan pastikan anda sebagai user tidak bisa memasukan format vidio secara horizontal ke platform IGTV. Sebelumnya anda menggunakan format horizontal di Youtube harus membuat format khusus untuk IGTV secara vertical agar konten anda bisa diterima masuk dan live di sana. Untuk aspek ratio vidio vertikal ini perbandingannya 9:16 hampir sama dengan Instagram Stories yang selama ini pernah anda lakukan. 

Berbeda dengan Youtube tidak ada batasan format yang mengharuskan para creator untuk memperhatikan perbandingan seperti IGTV. Dengan vidio vertikal yang telah anda buat untuk IGTV bisa saja support sama Youtube tetapi akan muncul sisi kiri dan kanan berwarna hitam pada kondisi normal kecual anda menggunakan mode full view.

2. Penggunaan IGTV ini langsung menyatu dengan akun pemilik yang bisa melakukan sharing ke Facebook dan Instagram. Saat anda mengunggah konten di IGTV secara otomatis vidio tersebut bisa langsung menjadi topik utama highlight di profil sehingga follower anda bisa langsung live melihat hasil karya termasuk ke dalam halaman Facebook. 


Sementara Youtube berbeda sama sekali. Setelah anda mengunggah vidio tentu  hanya bisa di satu platform saja, untuk notifikasi yang secara otomatis dilakukan oleh Google adalah berupa email yang terkoneksi dengan Youtube berupa notifikasi. Jika sharing ke platform lain memang sudah tersedia tombol share, jika anda ingin menggunakan vidio tersebut harus menggunakan kode embed yang harus di copi kemudian paste ke platform lain. 

3. Audience yang bisa melihat IGTV ini tentu harus ada follower yang mengikuti chanel anda, atau para walking in audience yang sedang singgah melihat konten kreatif anda. Setelah menjadi follower berarti setiap vidio yang telah anda publish bisa langsung terkoneksi dengan mereka yang telah mengikuti atau sebagai follower, atau bisa saja konten anda yang masuk dalam formula Algoritma IGTV dalam kategori yang tersedia. 

Youtube juga hampir sama, setelah audience membuka platform Youtube ini bisa langsung melihat vidio tersebut setelah mengikuti {follower} atau istilahnya subscriber. Pada saat creator membuat vidio dan telah di publish secara otomatis para subscriber ini langsung ada notifikasi berupa lonceng berwarna merah. Uniknya lagi, setiap vidio yang di publish tadi diberikan kolom deskripsi memuat beberapa keyword tertentu diisi oleh Youtuber secara otomatis bisa masuk dalam pencarian SEO {Search Engine Optimation} oleh Google. 

4. DURASI WAKTU VIDIO.
Platform IGTV tentu mempunyai perbedaan dengan Instagram Stories, pengguna bisa melakukan durasi lebih panjang lagi dimulai dari 10 menit hingga 60 menit. Durasi yang panjang ini tentu memberikan sebuah keleluasaan anda untuk bekerja memberikan sebuah konten yang bermanfaat sesuai dengan kapasitas anda bisa menghasilkan sebuah vidio. Pada tahap awal anda bisa mengunggah vidio dalam durasi waktu 10 menit saja, tentu waktu 60 menit sangat diminati oleh content creator yang sudah memiliki follower mereka. 

Berbeda dengan platform Youtube. Google membolehkan para Youtuber ini mengunggah vidio dengan durasi waktu 15 menit kapan pun waktu nya. Tetapi akan terseleksi oleh Google khusus untuk vidio yang memiliki durasi yang sangat panjang. Maksimal batas yang mereka berikan sekitar 720 menit {12 jam} atau sekitar 128 GB.

5. LIVE STREAMING.
Tentu hal ini sangat disukai oleh para audience seluruh dunia. Mereka bisa langsung terkoneksi dengan seluruh audience atau follower mereka. Pada platform IGTV tentu siaran live streaming sama dengan Instagram Stories dan tidak menutup kemungkinan nanti anda tombol Live seperti ini ada di IGTV yang menyatu dengan akun utama Instagram anda. Tombol live inilah yang sangat digemari karena mereka bisa langsung tertuju ke follower mereka sebagai creator.

Sedangkan Youtube telah ada tombol Live sehingga sudah banyak para creator muda memanfaatkan platform ini untuk melakukan promosi bahkan bisa langsung menyiarkan seluruh kegiatan yang sedang berlangsung. Semua kreator yang sudah menjadi Youtuber di Youtube ini sudah tentu telah memanfaatkan cara terbaik memberikan sebuah prestasi untuk kegiatan bisnis mereka atau sebagai cara memperkenalkan produk terbaru kepada subscriber setia.

6. MONETIZE VIDIO.
Saat sekarang ini tentu IGTV masih terbebas dari wara wiri iklan dan belum ada waktu pasti kapan ada monetize vidio kreatif para user ini untuk mendapatkan uang dari iklan yang masuk di vidio yang telah di publish. Jadi saat ada waktu yang telah disetujui oleh Facebook kapan iklan bisa masuk maka secara otomatis anda bisa melakukan monetize vidio dan bisa menghasilkan uang dari vidio tersebut. Tidak menutup kemungkinan anda juga bisa melakukannya saat adanya monetize vidio yang akan segera dinanti.

Berbeda dengan Youtube, saat ini seluruh vidio yang telah anda masukan sebagai cara untuk mendapatkan uang dari konten kreatif tadi. Tentu Google dan Youtube memberikan beberapa syarat dan ketentuan bagaimana cara bisa memasukan iklan yang terkoneksi dengan Google Adsense. Jadi saat sekarang para konten kreatif telah banyak menuangkan ide mereka di chanel Youtube dan berhasil mendapatkan uang hasil jerih payah mereka dari iklan yang masuk ke dalam vidio mereka.

7. EKSISTENSI.
Walaupun sekarang ini Instagram TV masih baru dan yang menggunakan platform ini memang bisa secara langsung pengguna Instagram melakukan shooting mereka di IGTV. Tetapi eksistensi ini masih belum terlihat terhadap pengakuan atau pun penghargaan jumlah follower terbanyak dari Instagram. Ya ibaratnya untuk jumlah 100.000 follower hingga 1M follower.

Berbeda dengan Youtube, mereka menyediakan penghargaan jika jumlah follower atau istilahnya subscriber telah mencapai 100.000 akan diberikan silver play button, dan seterusnya. Sebenarnya penghargaan ini diberikan sebagai atensi besar dari Youtube menghargai hasil kerja keras yang selama ini dilakukan oleh para Youtuber untuk menghasilkan vidio kreatif yang disenangi oleh audience.

KESIMPULAN.
Dengan adanya dua buah platform baru IGTV dan Youtube, anda sebagai seorang creator vidio sudah bisa memilih platform mana yang akan diikuti. Mungkin sebelumnya anda memiliki akun Youtube sebagai platform penting untuk menyiarkan seluruh vidio kreatif anda dan sudah banyak subscriber yang mengikuti bahkan telah menghasilkan uang yang cukup banyak dari iklan masuk sebaiknya anda mulai lah membangun chanel IGTV untuk memberikan sebuah cara baru memanjakan follower anda di Instagram untuk bisa menikmati seluruh hasil karya anda. Walaupun sekarang masih belum ada iklan dan kapan waktu vidio kreatif anda ini bisa di monetize harus bersabar dulu biar Facebook yang memikirkannya. Berikan saja vidio kreatif anda yang terbaik dan secara otomatis nanti sudah ada masanya anda bisa menghasilkan uang dari IGTV.

Hal yang menjadi highlighted adalah IGTV {Instagram TV} memang disediakan waktu sampai satu jam untuk memutar vidio berarti anda yang selama ini melakukan shooting vidio secara horizontal untuk Youtube, nah sekarang anda harus mulai terbiasa melakukan camera action di posisi verikal agar bisa support di platformnya IGTV. Walaupun sedikit belum terbiasa tetapi hal tersebut akan menjadi terbiasa untuk aktif main di Instagram TV. Setelah anda mengetahui perbedaan antara IGTV dan Youtube ini maka anda sudah siap untuk mempersiapkan diri dan berkreasi untuk menciptakan dua jenis vidio untuk platform Youtube: horizontal dan IGTV: vertikal. Semoga bermanfaat, dan selalu berkreasi dengan vidio terbaik anda. Semoga bermanfaat, dan selalu berkreasi dengan vidio terbaik anda.

Comments

Note: only a member of this blog may post a comment.